Top Pick
Terduga Pelaku Pencabulan Anak di Bawah Umur Berhasil Diciduk Polisi Di Tengah Covid-19, Komunitas Anak Labuan Bajo Gelar Aksi Bedah Rumah Gubernur NTT Positif Covid-19 Seorang Pria Remaja Ditemukan Tewas Gantung Diri di Tiang Dapur Kabupaten Manggarai Kembali Mencatat Penambahan Jumlah Kasus Kematian Akibat Covid-19 Pemda Matim Berikan Bantuan Sosial Untuk Mahasiswa Terdampak Covid-19 dari Dana APBD

Pemerintah Kec. Pocoranaka Timur Gelar Musdes

POSTNTT.COM | Borong - Pemerintah Kecamatan Pocoranaka Timur kabupaten Manggarai Timur Nusa Tenggara Timur, Gelar kegiatan Musyawara desa (MUSDES) pra pelaksanaan kegiatan fisik tahun 2020 di desa Ulu Wae, kamis (30/04).

kegiatan musdes ini telah dilaksanakan sejak tanggal 23 April samapi tanggal 09/05/2020. mulai dari desa Ngkiong Dora. musdes akan dilaksanankan setiap desa sekecamatan Pocoranaka Timur.

kegiatan Musdes dilaksanakan untuk membuka kebekuan atau kesulitan dalam mengambil keputusan dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melihat sebuah persoalan pembangunan dari berbagai sudut pandang.

Agustinus Gonsi, A.Md selaku Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat desa (PMD), saat diwawancarai oleh wartawan, kegiatan Musdes yang telah dirancanag akan dilaksanakan di delapan desa, yaitu desa Ngkiong Dora, Urung Dora, Colol, Ulu Wae, Wejang Mali, Rende Nao Wangkar Weli, Arus dan Arus.

"Kegiatan musyawarah desa khusus dilakukan untuk melakukan perubahan RKPDS dan APB-des tahun 2020 dan perubahan ini untuk menjawabi dampak covid-19," tegas Gonsi

Kata dia, untuk melakukan perubahan RKP-des dan APB-des tentuya melalui mekanisme yang telah ditetapkan.

"Harus melalui kesapakat musyawarah" tegas Agustinus Gonsi

Camat Pocoranaka Timur Hendrikus Radas, SE, dalam sambutanya, sesuai instruksi kementrian desa terkait dengan situasi bangsa yang terjadi hari ini tentunya ada beberapa jenis kegiatan pembangunan fisik desa yang melakukan pergesaran dari anggaran desa yang sudah ditetapkan.

"Pasti terjadi pergesaran atau pengurangan volume dari sudah yang ditetapkan APBDES 2020," Ujarnya.

Selanjutnya ia menjelaskan bersarkan suarar edaran kementrian desa Rebupblik Indonesia dan melalui surat menteri dalam negeri Republik Indonesia dari dana desa (DD) yang ada diperuntukan bantuan langsung tunai (BLT).

"Bantauan langsung tunai (BLT) itu dari dana desa (DD), pagu DD yang berkisar Rp. 800.000.000 untuk BLT-Nya sekitar 25% dan untuk DD 800.000.000 sampai dengan 1.200.000.000 untuk BLT sekitar 30% utu diambil dari dana desa (DD),"Tegas Hendrikus

Kegiatan MUSDES berjalan lancar serta mengimplementasikan jaga jarak atau physical distancing dengan elemen yang hadir sebagai langkah untuk pencegahan penyebaran virus corona disease (Covid-19).

 

 

 

Penulis : Iren Leleng


Halaman