Top Pick
Presiden Joko Widodo Lantik Menteri Investasi, Mendikbudristek, dan Kepala BRIN Langkah Cepat Tangani Covid-19, Pemerintah Kerahkan Dokter Keliling Dari Rumah Ke Rumah Polres Matim Gelar Upacara HUT Bhayangkara ke-75 Secara Virtual dan Sederhana Tim Resnarkoba Polda NTT Berhasil Menangkap Satu Orang Pemasok Narkoba Sesar Siono: FPM Makassar Hadir Sebagai Lembaga pelopor Gerakan Di Berbagai Sektor Paradoks Kebijakan Bupati Mabar dan Peta Ambigu Tenaga Kontrak Daerah

Mengintip Pesona Golo Depet yang Bagai Kepingan Surga

Wisata Golo Depet hasil kreasi anak muda desa. Foto: ist

 

POSTNTT.COM | BORONG - Manggarai Timur menjadi satu daerah yang menyimpan sejuta pesona alam yang mempesona. Siapapun akan tak akan berkedip memandang panorama alam hijau membentang serta menjulang di kaki langit itu.

Wilayah ini seolah menyimpan sejuta kesejukan dan kesegaran alamnya. Seperti Golo Depet misalnya. Destinasi yang mempunyai khas aroma pegunungan ini sangat nikmat dipandang mata.

Golo Depet juga bermakna Bukit Kunang-Kunang. Karena dari pernyataan masyarakat setempat, bukit ini akan menjadi rumah dari ribuan kunang-kunang pada waktu tertentu. Saat malam tiba, sejauh mata memandang, Golo Depet bagai bukit berbintang.

Golo Depet sendiri terletak di di Desa Golo Loni, Kecamatan Ranamese. Tidak terlalu jauh dari destinasi wisata alam Danau Ranamese, Manggarai Timur, NTT.

Sebelum menjadi destinasi seperti sekarang, area ini awalnya hanyalah hamparan tebing biasa. Lalu, Saverinus Deo merombaknya menjadi gardu pandang untuk menikmati pemandangan alam pegunungan desanya. Kala itu, Ia membuat beberapa ornamen yang bisa dijadikan tempat berswafoto. Hasil inisiatif pribadinya ini kemudian mendapat dukungan dari pemerintah desa setempat serta kelompok sadar wisata yang ada di daerah tersebut.

Saverinus Deo, yang akrap disapa Rinus, baginya, Flores adalah kepingan surga. Pesona Flores merupakan anugerah Tuhan yang wajib dijaga dan dikelola dengan baik tanpa merusak wajah aslinya.

"Tuhan menyayangi Flores dengan menitipkan sekeping surganya di tanah ini. Tinggal bagaimana kita mengelola dan mengembangkannya menjadi lebih baik," ungkapnya.

Saverinus Deo merupakan pemuda berusia 24 tahun lulusan salah satu sekolah Kejuruan Pariwisata di kota Ruteng, Kabupaten Manggarai. Golo Depet yang dibangunnya saat ini berada diatas lahan miliki orang tuanya yang sekian lama kurang terawat. Area yang awalnya terlihat biasa ini berhasil dia permak menjadi sesuatu yang berkesan. Kreativitas ini diperolehnya dari hasil perjalanan panjang menjelajahi beberapa kota di Indonesia, hingga akhirnya pikiran kreatif itu muncul untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai bagi orang-orang di sekitarnya.


Halaman