Top Pick
Ketua DPRD Terkejut dengan banyaknya TKD di Mabar Sadis ! Seorang Ibu di Ende Tega Bunuh Bayi Kandung Tindak Lanjut Perangi Sampah dengan Membersihkan Bank Sampah Palsu Atasi Masalah Air Hingga Rapit Antigen Gratis Jadi Program 100 Hari Kerja Edi - Weng Usai Dikeroyok, Ditetapkan Jadi Tersangka, Kini Korban Ditahan 850 KK Kelurahan dapat Bantuan Sosial Tunai

Kadis PPO Matim: Tahun 2021 UNBK Diganti UBKD  

(Basilius Teto, Kadis PPO Matim. Foto: Iren Leleng)

POSTNTT.COM | BORONG - Menindaklanjuti surat edaran Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) No 1 tahun 2021 tentang Ujuan Nasional, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Manggarai Timur, NTT telah mempersiapkan ujian model baru di tingkat SD, SMP, SMA/SMK yakni Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD).

Kepada Wartawan, Selasa (09/03/2021), Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Manggarai Timur, Basilius Teto, mengatakan, penghapusan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia di tahun 2021, tidak serta merta menghapus ujian akhir untuk siswa di semua jenjang.

Lanjutnya, dalam surat edaran Kemendikbud RI, yang menyatakan tahun ini akan mempersiapkan model ujian baru untuk jenjang SD, SMP dan SMA/SMK, yakni Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD).

Teto menambahkan , untuk mempersiapkan hal ini, pihaknya telah mengadakan simulasi berskala besar, persiapan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang diselenggarakan setiap lembaga pendidikan.

"Simulasi UBKD ini merupakan upaya Kementerian Pendidikan RI untuk mempersiapkan assessment secara nasional tahun 2021," ujar Basilius.

Ini akan berisi bagaimana memandu teman-teman guru dalam penyusunan soal-soal berbasis Higer, Order, Thinking Skill (HOTS). Ini nanti jadi acuan guru untuk mempersiapkan siswanya nanti.

Selain melatih para guru, nantinya akan menyediakan fasilitas jaringan internet dan komputer atau laptop pada sekolah yang ditunjuk.

“Jadi bentuknya di situ ujian assesment dalam istilahnya AKM. Jadi assesment kompetensi minimal itu rencananya sebagai pengganti dari ujian nasional, baik dalam bentuk ujian nasional berbasis kertas pensil maupun ujian nasional berbasis komputer. Persiapan untuk mengetahui bagaimana dia perangkatnya makanya dilakukan beberapa kali simulas," ujar Basilius.

Lanjutnya, UBKD ini akan dilaksanakan pada tanggal 12-14 April 2021, dan pelaksanannya yang tidak sama dengan UNBK yang masih bisa offline.

“Model baru ini full online sehingga sarana komputer dan jaringan serta jaringan listrik sangat dibutuhkan,” tandasnya. (Iren Leleng)


Halaman